BNI Bagi Deviden Rp4,7 Triliun

BNI Bagi Deviden Rp4,7 Triliun

- in Analysist

Jakarta – Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Bank Negara Indonesia Tbk. menyetujui membagikan 35% dividen dari total laba periode 2017, yang mencapai Rp13,6 triliun. Sebesar 65% atau Rp8,85 triliun ditetapkan sebagai laba ditahan.

Direktur Utama Bank BNI Achmad Baiquni mengatakan, sisanya yaitu sebesar 25% atau senilai Rp3,4 triliun digunakan sebagai dividen, dan 10% atau senilai Rp1,36 triliun ditetapkan sebagai spesial dividen. Total dividen yang dibagikan sebesar Rp4,76 triliun.

RUPST ini juga menyetujui dan mengangkat Guru Besar sekaligus Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Profesor Dr Ari Kuncoro sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen Perseroan. Penetapan Komisaris Utama BNI yang baru ini berlaku efektif sejak RUPST ini dilaksanakan.

Ari Kuncoro menggantikan Komisaris Utama Perseroan sebelumnya yaitu Hartadi Sarwono. Latar belakang pendidikan dan pengalaman Ari Kuncoro sesuai dengan perseroan yang bergerak di industri keuangan. “Komisaris Utama baru ini memiliki latar belakang di bidang ekonomi dan bisnis jadi sangat menguasai bidang finansial dan perbankan,” ujar Baiquni, usai RUPST Bank BNI di Hotel Shangri-La Jakarta, Selasa (20/3).

Baiquni menjelaskan lebih lanjut, tidak akan ada perubahan arah bisnis setelah pergantian komisaris utama ini. “Arah bisnis tetap sama karena tugas Komisaris Utama adalah mengawasi dan menyampaikan aspirasi dari pemegang saham. Dengan formasi struktur Dewan Komisaris dan Dewan Direksi seperti ini, BNI siap menjadi lembaga keuangan yang mampu memberikan competitive financial service,” jelasnya.

RUPST pun memberhentikan dengan hormat Imam Budi Sarjito dan Panji Irawan sebagai Anggota Direksi BNI terhitung sejak sejak ditutupnya RUPS hari ini. Selain itu, RUPST BNI pun menyetujui dan mengangkat Tambok PS Simanjuntak, Endang Hidayatullah, dan Dadang Setiabudi sebagai Anggota Direksi.

Dengan demikian, susunan dewan komisaris dan direksi BNI adalah sebagai berikut.

Dewan Direksi:

  1. Achmad Baiquni : Direktur Utama
  2. Herry Sidharta : Wakil Direktur Utama
  3. Putrama Wahju Setyawan : Direktur Corporate Banking
  4. Tambok P. S. Simanjuntak : Direktur Retail Banking
  5. Catur Budi Harto : Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan
  6. Rico Rizal Budidarmo : Direktur Treasury dan International Banking
  7. Anggoro Eko Cahyo : Direktur Keuangan
  8. Dadang Setiabudi : Direktur Teknologi Informasi dan Operasi
  9. Adi Sulistyowati : Direktur Hubungan Kelembagaan Advertisment
  10. Bob Tyasika Ananta : Direktur Manajemen Risiko
  11. Endang Hidayatullah : Direktur Kepatuhan

Dewan Komisaris:

  1. Ari Kuncoro : Komisaris Utama/Komisaris Independen
  2. Wahyu Kuncoro : Wakil Komisaris Utama
  3. Bistok Simbolon : Komisaris
  4. Marwanto Harjowiryono : Komisaris
  5. Revrisond Baswir : Komisaris Independen
  6. Joni Swastanto : Komisaris
  7. Pataniari Siahaan : Komisaris Independen
  8. Ahmad Fikri Assegaf : Komisaris Independen
  9. Sigit Widyawan : Komisaris Independen

Facebook Comments