Bagus Sukmana, Bekerja Atas Dasar Cinta

Bagus Sukmana, Bekerja Atas Dasar Cinta

- in People

Pemilik nama lengkap Bagus Sukmana, Head of Strategic & Corporate Communication Crown Group, ini tidak pernah menyangka dirinya bakal berkecimpung pada dunia properti. Sebab, dia sama sekali tidak punya latar belakang tentang dunia itu. Namun, dirinya percaya bahwa kecintaan terhadap bidang pekerjaan yang digeluti saat ini akan menghantarkannya pada kesuksesan.

Menurut Bagus – sapaan akrabnya – sama halnya public relations, properti bukanlah disiplin ilmu tapi lebih pada art (seni). “Di bidang apapun kita berkarir dijamin tak akan sukses tanpa rasa suka pada pekerjaan itu sendiri. Saya tetap bisa enjoy karena memang suka,” ungkapnya kepada Indonesia Housing, di kantornya, belum lama ini.

Mengawali karir di dunia event sebagai orang lapangan yang menangani berbagai persiapan acara seperti fashion show, perform musik, dan kompetisi olah raga sepak bola. Di sini, kreativitas dan inovasi mengemas acara berkualitas dan menarik perhatian publik sangat dituntut. “Kita ini – yang ada di dunia event – dituntut untuk selalu kreatif,” terangnya.

Meskipun tidak punya latar belakang yang mendukung namun dirinya mampu menjalani tugas dengan baik. Lantaran kemampuan itulah kemudian dipercaya sebagai Hospitality Manager World Sport Group – subsidiary company dari Asian Football Confederation untuk menangani kompetisi sepak bola Piala Asia tahun 2007.

Kemudian, ia bergabung dengan Public Relation (PR) Consultant, Agrakom, pada 2009. Di sini, dia belajar banyak tentang seni komunikasi. Bagi dia, bergelut di bidang PR consultant benar-benar baru tapi cukup menantang.

“Saat saya pertama terjun di PR consultant sama sekali blank. Beruntung, saya punya pimpinan perusahaan Agrakom, Ibu Hana Budiono. Dia sangat telaten, murah transfer knowledge serta selalu membimbing semua karyawannya,” ceritanya.

Saat bekerja di sana, dirinya banyak menangani klien perusahaan multinasional di bidang IT, telekomunikasi, olah raga, dan properti. Adapun salah satu kliennya adalah Crown Group, perusahaan properti asal Australia milik pengusaha Indonesia.

Setelah tiga setengah tahun di sana, kemudian bergabung dengan Crown Group sebagai Head of Strategic & Corporate Communication, pada 2014 silam. “Meski baru bergabung pada tiga tahun silam, tapi sebenarnya saya sudah tujuh tahun menangani bidang communication perusahaan properti Crown Grup,” ceritanya.

Baginya, merupakan sebuah prestasi manakala ada masyarakat Indonesia yang mulai membicarakan Crown Group. “Ini pencapain yang tidak bisa dibeli dengan uang,” katanya bangga. Untuk itu, ia bertekad terus menggaungkan Crown Group kepada khalayak Indonesia yang lebih luas.

Saat ini hanya hanya kalangan industri properti, tapi ke depan pihaknya optimis perusahaan tempatnya bekerja akan dikenal oleh lini masyarakat lain, seperti sektor pariwisata. “Itu target yang akan saya tembus,” tegasnya.

Hingga tiga tahun ke depan, pihaknya akan terus memperkenalkan Crown Group ke berbagai kalangan masyarakat yang lebih luas. Ini memungkinkan, mengingat dalam waktu dekat Crown Group akan punya proyek properti sendiri di Indonesia. “Insya Allah tahun depan kita mulai pasarkan berbagai produk properti besuatan Crown Group di tanah air,” tukasnya. (Mukhtar)

 

Facebook Comments