Ammana Fintek Anugerahi Tiga BMT ‘Excellent Partner’

Ammana Fintek Anugerahi Tiga BMT ‘Excellent Partner’

- in News In Brief
FOTO BERSAMA: Lutfi Adhiansyah, CEO & Founder Ammana (ketiga dari kanan) didampingi oleh BMT penerima Ammana Excelent Partner berfoto besama.

Jakarta – Konsistensi Ammana sebagai fintek syariah pertama di Indonesia dalam mendukung kemajuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan solusi modal yang halal melalui program pendanaan bersama berbasis tehnologi adalah sebuah keniscayaan.

Terbukti, sejak pertama berdiri, setahun lalu sampai dengan hari ini Ammana bersama sekitar 20.000 lender dan 60 LKMS (Lembaga Keuangan Mikro Syariah) telah sukses menyediakan pendanaan bersama secara syariah, guna mendukung kemajuan sekitar 2.000 pelaku UMKM di 32 wilayah pada 11 provinsi di Indonesia. Kiprah Ammana telah diakui secara nasional sebagai inspirasi perluasan manfaat tehnologi fintek kepada seluruh masyarakat.

Kebersamaan Ammana dengan LKMS amatlah erat. Keberadaan Ammana telah menjadi jalan peningkatakan usaha serta kinerja lembaga itu di berbagai daerah untuk menyediakan pendanaan bagi UMKM, yang mayoritas berasal dari usaha rumahan.

Selama ini UMKM rumahan belum terakses pada pendanaan perbankan. Karenanya, ketergantungan mereka terhadap LKM Syariah sebagai mitra pengayom usaha di wilayah masing masing terbilang sangat tinggi.

Untuk mengapresiasi dan memacu kinerja para pelaku LKM Syariah, pada 22 April 2019 lalu, Ammana Fintek sengaja menganugerahkan penghargaan, excellent partner secara khusus kepada 3 (tiga) BMT. Ketiganya adalah BMT Dana Ukhuwah Lembang – Jawa Barat, BMT Insan Mandiri Banyumas – Jawa Tengah, dan BTM Bina Masyarakat Utama (BIMU) Bandar Lampung – Sumatera Selatan.

Ketiga lembaga tersebut dipilih karena komitmen serta dukungan besar terhadap program-program Ammana. Selain itu, beberapa kriteria sebagai keunggulan mereka dari sisi portofolio usaha, kinerja pembiayaan lancar, dan tata kelola adminstrasi yang baik.

CEO & Founder Ammana Fintek Syariah Lutfi Adhiansyah mengatakan, kehadiran para mitra BMT dan koperasi syariah selain kurator atas kinerja UMKM yang akan didanai oleh para lender melalui Ammana, juga berfungsi sebagai agen perubahan serta perluasan manfaat tehnologi fintech bagi seluruh masyarakat.

“Mereka (LKM Syariah) membantu menstandarisasi tata kelola usaha dari para pelaku UMKM agar dapat berkinerja lebih baik. Sehingga, pada saatnya nanti akan lebih mudah mendapat akses pendanaan dari lembaga perbankan yang memang mempunyai standarisasi khusus,” katanya, usai memberi penghargaan.

Lutfi menambahkan, dengan kemitraan strategis bersama lembaga keuangan syariah tersbut akan memperkuat keunggulan yang sangat penting, yaitu peran komunitas dalam mendukung kemajuan komunitas lainnya. Alhasil, akan tercapai percepatan kemajuan bagi para pelaku UMKM dengan dukungan komunitas pendana (lender) bersama komunitas lembaga keuangan mikro bagi komunitas pelaku UMKM.

Facebook Comments